Originally Posted by wikipedia Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. |
Quote:
Originally Posted by rizki MEMULAI MICROSOFT ACCESS 2007 Ikuti langkah berikut ini: 1. Klik star>Program>Microsoft Access 2007 2. Klik Blank DataBase 3. Klik New Folder 4. Isi Dengan Judul Bodata Karyawan 1>klik OK 5. Klik Create |
Quote:
Originally Posted by rizki MEMBUAT TABEL 1. Klik TABEL 2. Klik Create Tabel in Design View 3. Tekan Enter 4. Tapi ketika dijendela pertama anda suda klik creat dan anda melihattabel1:tabel dibagian kiri anda,berarti anda tidak perlu membuat table lagi.seteah itu langsung klik design view saja 5. Setelah itu isi dengan biodata karywan 1>sava as 7. Nomor Primary key 8. Klik File>Save As>Biodata karyawan 1>OK 9. File close |
Quote:
Originally Posted by rizki MENGISI DATA TABEL 1. Double klik table biodata karyawan 1 2. Isi data-datanya sepeti contoh dibawah ini 3. Klik file>save 4. Klik file>close |
Quote:
Originally Posted by rizki MEMBUAT FORM 1. Klik Ceate 2. Klik Creat Form in Using wizard 3. Pilih semua >> >next>columnar>next>finis 4. Maka hasilnya akan seperti ini: 5. Klik file>save as>form biodata karyawan 1>klik ok |
Quote:
Originally Posted by rizki MEMBUAT TAMPILAN FORM 1. Klik View>design view 2. Tekan f4 3. Sesuiakan properties yang muncul a. Record selector : No b. Navigation button : No c. Dividing Line :No 4. Setelah disamakan klik close 5. Klik file>save |
Quote:
Originally Posted by rizki MODIFIKASI FORM 1. Klik view>design view 2. Klik view>form header/footer 3. Klik sekali lagi view>form header/footer 4. Pada toobox klik (Label) 5. Letakan pada form header 6. Klik BIODATA 7. Tekan tombol ctrl+enter 8. Ketik KARYAWAN 9. Klik sembarangklik garisnya 10. Perbesar hurufnya menjadi 14 point dan letakan ditengah(center) 11. Pada toolbox 12. Klik combo box lalu letakan pada form header 13. Akan muncul jendela combo box. Kemudian ikuti gambar berikut: a. Klik find a record on my form …>klik next b. Klik NAMA LENGKAP>klik > >klik next c. Klik next d. Ketikan “CARI NAMA KARYAWAN” e. Klik finis f. Lihat hasilnya klik form view 14. Kembali ke design view 15. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record navigation>go, to first record>next>go to first 1>finis 16. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record navigation>go, to previous record>next>go to previous 1>finis 17. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record navigation>go, to next record>next>go to next 1>finis 18. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record navigation>go, to last record>next>go to last 1>finis 19. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record operations>add new record>next>text: TAMBAH>finis 20. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record operations >delet record>next>text: HAPUS>finis 21. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record operations >save record>next>text: SIMPAN>finis 22. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: form operations >close form>next>text: TUTUP>finis 23. Atur posisi yang anda inginkan 24. Klik file>save 25. Klik view>form view 26. Klik tombol TAMBAH 27. Ketikan data-data seperti dibawah ini: 28. Seteh itu klik tombol SIMPAN 29. Klik file>close] |
Quote:
Originally Posted by rizki REPORT 1. Klik Creat>Report Wizard> Pilih semua >> >next 2. Klik Auto Reports : Tambular 3. Pilih modify the report’s design >finish 4. Setelah itu tingal anda design sesuai yang anda inginkan. 5. Setelah itu pilih report view untuk melihat hasilnya 6. Klik file>save 7. HASILNYA |
Quote:
Originally Posted by rizki MENGABUNGKAN REPORT KE FORM 1. Klik Form>Klik Design view 2. Pada toolbox klik command button >lalu letakan pada Form footer. Kemudian ikuti langkah berikut: a. Pilih report operation>preview report>next>klik report biodata karyawan>next>text : REPORT BIODATA>finish. 3. Atur tombol sebagai berikut : 4. Klik view>form view 5. Klik save 6. Setelah itu coba anda klik REPORT BIODATA 7. Close |
Quote:
Originally Posted by rizki MACROS MACROS DATA KARYAWAN 1. Klik creat>macros 2. Klik action 3. Klik open form 4. Otomatis bagian bawah macro akan terbuka 5. Pilih form biodata karyawan 6. Klik file>save as>macro biodata karyawan 1>ok MACRO KELUAR 1. Klik creat>macros 2. Klik action pada bagian pojok ini 3. Klik closedatabase 4. Klik file>save as>macro keluar>ok |
Quote:
Originally Posted by rizki SWITCHBOARD 1. Klik database tools 2. Klik switchboard manager 3. Jika muncul pertanyaan jawab yes 4. Maka akan muncul tampilan berikut: 5. Tekan tombol edit>tekan new 6. Ketikan seperti gambar berikut: 7. Klik ok 8. Klik new 9. Kemudian ikuti langkah berikut: 10. Klik ok>close>close 11. Klik save 12. Jalankan switchboard |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar