Selasa, 20 Desember 2011

Perintah Windows & Spesifikasi Windows

MICROSOFT WINDOWS
v Sejarah Microsoft windows
Setelah sukses dengan MS-DOS pada tahun 1991, Microsoft memperkenalkan MS Windows pada tahun 1985. System operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Pada tahun 1990 Microsoft memfokuskan pada perkembangan windows yang ditandai dengan peluncuran windows versi 3.0 dan mendapat sambutan sangat baik. Pada versi ini Microsoft membundel MS.Office (word, excel, power point) untuk menyingkirkan saingannya seperti lotus 123, wordstar, word perfect dan quattro.
Pada tahun 1992 Microsoft meluncurkan versi 3.1 dan 3.11. Pada tahun 1994 untuk worksgroup. Satu tahun kemudian tepatnya pada tahun 1995, Microsoft meluncurkan windows 95. Pada tahun ini juga diperkenalkan versi pertama windows CE ke public. Tahun 1996 windows NT versi 4.0 diluncurkan dan pada tahun 1998 Microsoft meluncurkan versi terbarunya yaitu windows 98 yang didalamnya terdapat Web Browser Internet Explorer yang menjadi keunggulan dari windows 98.
Tahun 2000 merupakan era baru dunia teknologi computer karena pada era ini perkembangan dunia computer mengalami kemajuan yang sangat pesat. Windows mengeluarkan versi windows 2000. Kemudian pada tahun 2001 microsoft memperkenalkan windows XP. Selang beberapa lama, tepatnya pada tahun 2003 microsoft memperkenalkan windows server 2003. Tapi untuk saat ini windows XP masih menjadi favorit pemakai computer walaupun pada 2007 microsoft mengelurkan windows vista yang dilengkapi vitur 3D, serta versi terbaru Microsoft yaitu windows7.
v Contoh beberapa perintah pada Windows
DEL : Berfungsi untuk menghapus sesuatu atau beberapa file sekaligus. DEL singkatan dari DELETE. Rumus DEL adalah (drive:) (path) (nama file).
CLS : Berfungsi untuk membersihkan tampilan pada layar computer.
COPY : Berfungsi untuk membuat salinan suatu file atau beberapa file sekaligus. Rumus copy (drive sumber)(nama file)
COPY CON : Berfungsi untuk menampilkan data/pesan berupa karakter text. Rumus copy con adalah copy con(nama file.txt)(enter)
BOLD : Berfungsi unuk menebalkan suatu huruf atau kalimat.
SAVE : Berfungsi untuk menyimpan file atau data pada computer.
FONT SIZE : untuk mengatur ukuran huruf.
FONT : Befungsi untuk mengatur jenis huruf.
CUT : berfungsi untuk memindahkan file atau folder.
v Beberapa spesifikasi computer untuk OS Windows

Spesifiasi Windows XP : -Processor 233 MHz

-RAM 64 MB
- VGA 24 MB
- 3 GB free hardisk space
Spesifikasi Windows Vista : - Processor 800 MHz
-RAM 512 MB
- VGA 64 MB
- 15 GB free hardisk space
Spesifikasi Windows7 : - Processor 1 GHz
-RAM 1 GHz
- VGA 128 MB, Direct 9.0 support
- 16 GB free hardisk space

                                                                            (wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar